Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi pada Pembelajaran Tematik Kelas III (Studi Kasus di Salah Satu SD Swasta di Yogyakarta)

Autor(s): Apri Damai Sagita Krissandi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan keterampilan berpikir tingkat tinggi atau HOTS dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran kelas III di salah satu sekolah dasar swasta di Yogyakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurikulum 2013 yang disusun oleh pemerintah yang diharapkan mampu memuat proses berpikir keterampilan berpikir abad 21. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilengkapi dengan desain penelitian studi kasus dengan subjek yaitu guru kelas III Sekolah Dasar Swasta di Yogyakarta. Peneliti menggunakan metode angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode triangulasi peneliti sehingga dapat menarik kesimpulan. Uji validitas menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi dan ex-pert judgement. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa perencanaan pembelajaran didominasi oleh kecakapan berpikir tingkat rendah, walaupun terdapat kecakapan berpikir tingkat tinggi pada salah satu indikator pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran masih terdapat kemampuan yang jarang diterapkan yaitu kemampuan kreativitas dan komunikasi. Sementara itu, kemampuan berpikir kritis dan kolaborasi sudah sering diterapkan. Penilaian pembelajaran pada salah satu sekolah dasar di Yogyakarta juga didominasi oleh verba operasional pada keterampilan berpikir tingkat rendah. Faktor utama hasil belajar adalah karena kurangnya pemahaman guru tentang penerapan keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran tematik.

Keywords

High Order Thinking Skills; 2013 Curriculum; Learning Planning; Implementation of Learning; Learning Assessment.

Full Text:

PDF

References

Ahman, H. E., (2016). Pengembangan Mutu Pendidi-kan Menuju Era Global Penguatan Mutu Pembelajaran dengan Penerapan HOTS (Higher Order Thinking Skills. Bandung: CV Smile’s Indonesia Institute.

Desstya, A. (2015). IPA dan Pembelajaran Berpikir Tingkat Tinggi (Telaah Buku Siswa SD Kelas IV Tema 3, Karya Much. Azan, Dkk). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains 2015. Su-rakarta: 19 November 2015. Hal. 259-266.

Effendi, R. (2016). Konsep Revisi Taksonomi Bloom dan Implementasinya Pada Pelajaran Ma-tematika SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 2, No. 1, 2016, 72-78.

Iskandar, H. (2015). Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill’s: (tersedia di https://myschid.com/.../3419271510.-Modul-Penyusunan-Soal-HOTS-Tahun-2017.pdf).

Kemdikbud. (2016). Jendela Pendidikan dan Ke-budayaan. (Tersedia di https://jendela.kemdikbud.go.id)

Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N. A. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP di Kabupaten Jember dalam Me-nyelesaikan Soal Standar PISA. Jurnal Pen-didikan dan Evaluasi Pendidikan. Vo. 20, No. 2, 2016, 142-155.

Mufidah, S., & Wijaya, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Realistik Pa-da Materi Aritmatika Soal untuk Meningkat-kan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan Ma-tematika. Vol. 6, No. 4, 2017, 11-18.

Widana, I. W. (2007). Modul Penyusunan Soal High-er Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jen-deral Pendidikan Dasar dan Menengah Depar-temen Pendidikan dan Kebudayaan.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Na-sional Pendidikan Matematika 2016 Universi-tas Kejuruan Malang. Vol. 1, 2016, 263-278.

Yuniar, M., Rakhmat C., & Saepulrohman A. (2015). Analisis HOTS (High Order Thinking Skills) Pada Soal Objektif Tesdalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V SD Negeri 7 Ciamis. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 2, No. 2, 2015, 187 – 195.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad ke 21: Ket-erampilan yang diajarkan Melalui Pembela-jaran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Kalimantan Barat: 10 Desember 2016. Hal. 1-17.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.