Perbandingan Standar Sarana Dan Prasarana SMP Swasta Dan SMP Negeri

Autor(s): Elyakim Nova Supriyedi Patty, Cornelia Sri Sulasmi Padaka, Anjelina Gheda Bara, Frenly Marta Ate, Febiola Kartika Wurung, Elisabet Kaley, Klemensia Maria Renda

Abstract

Manajemen sekolah merupakan sebuah prosedur untuk menertibkan sekolah agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. Dalam dunia pendidikan tidak terlepas dari Manajemen Sekolah dimana di dalamnya terdapat beberapa bagian yang memfasilitasi berjalannya proses pembelajaran. Berdasarkan kondisi ini, kami melakukan perbandingan pelaksanaan manajemen sekolah di dua sekolah yang berada di Sumba Barat Daya yaitu SMP Seminari Sinar Buana dan SMPN 1 Loura dengan tujuan untuk mengetahui pengelolaan manajemen sarana dan prasarana yang tersedia di kedua sekolah tersebut. Berdasarkan hasil wawancara kami memperoleh informasi bahwa kedua sekolah tersebut memiliki perbandingan sarana dan prasarana yang cukup baik. Dimana diperoleh hasil sebagai berikut: kedua sekolah tersebut merupakan dua dari sekolah favorit jenjang SMP dalam kategori sekolah swasta dan sekolah negeri yang ada di SBD. SMP Negeri 1 Loura memiliki jumlah siswa yang sangat banyak. Namun, disisi lain SMP Seminari Sinar Buana memiliki jumlah siswa yang sedikit lantaran sekolah ini merupakan sekolah khusus calon imam. SMP Seminari Sinar Buana memiliki suatu keunggulan dimana mata pelajaran yang terdapat pada sekolah tersebut berbeda dengan sekolah lain seperti SMP Negeri 1 Loura, karena merupakan sekolah khusus sekolah ini menambahkan mata pelajaran Bahasa Latin, Liturgi, Ekaristi dan juga memiliki sarana laboratorium MIPA, laboratorium Bahasa dan Laboratorium komputer yang memadai berjalannya proses pendidikan di sekolah ini. Disisi lain SMP Negeri 1 Loura memiliki jumlah siswa yang banyak, namun fasilitas ruang kelas, ruang lab dan mebeler yang ada pada SMP Negeri 1 Loura tersebut masih sangat kurang dan perlu ditambahkan, serta belum memiliki laboratorium bahasa. Dengan kondisi ini, nampak bahwa walaupun berstatus sekolah negeri pada kenyataannya sekolah ini masih kurang lengkap fasilitasnya ketimbang sekolah swasta. Untuk itu menurut pandangan peneliti, sekolah ini haruslah membenahi sistem manajemen yang berlangsung di sekolah terseut agar tidak kalah unggul dari sekolah lainnya. Sebab, dengan manajemen yang baik sebuah sekolah akan lebih terjamin dalam hal pelaksanaan proses pendidikan dan mutu pendidikannya

Full Text:

PDF

References

Fauzan. 2016.Pengantar Sistem Administrasi-Teori dan Praktik. Yogyakarta: UII Press Yogyakarta.

Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto. 2019. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.