KEARIFAN LOKAL DAN PENERAPANNYA DI SEKOLAH

Autor(s): Heronimus Delu Pingge

Abstract

Local wisdom describes how to behave and act to respond to changes that are unique in the
physical and cultural environment of the local area. The local potential in each region in
Indonesia is an asset of natural, human, technological, and cultural resources that must be
maintained and developed to improve a more civilized life. In general, school learning has been
paying less attention to this local aspect, so that the younger generation slowly starts to leave
the noble values of the local area. The purpose of this article is to outline the form of instilling
local wisdom through education or school.

Full Text:

PDF

References

Chaipar W, et al. 2013. Local Wisdom in the

Environmental Management of a Community:

Analysis of Local Knowledge in Tha Pong

Village, Thailand. Journal of Sustainable

Development. Vol. 6 No. 2, hal 17-22

Farid, R. 2012. Bahasa dan Industri Radio.

Menggagas Pencitraan Berbasis Kearifan

Lokal. 4(II). Hlm. 347-356.

Herimanto, & W. 2010. Ilmu Sosial dan

Budaya Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jamal, M. 2012. Pendidikan berbasis

keunggulan lokal. Yogyakarta: DIVA Press

Joko,S. 2012. Menggagas pariwisata berbasis

Budaya dan Kearifan Lokal. Menggagas

Pencitraan Berbasis Kearifan Lokal. 4(II).

Hlm. 505-515

Musanna, Al. 2012. Artikulasi pada Guru

Berbasis Kearifan Lokal untuk Mempersiapkan

Guru Yang Memiliki Kompetensi Budaya.

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol. XVIII

No. III, hal 328-341

Ni, W. Sartini. 2004. Menggali Nilai Kearifan

Lokal Budaya Jawa Lewat Ungkapan

(Bebasan, Saloka, dan Paribasan). Jurnal

Ilmiah Bahasa dan Sastra. V(1). Hlm. 28-37.

Nuraini, A. 2012. Mengembangkan Karakter

Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal Melalui

Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan

Sosiologi dan Humaniora. 2(III). Hlm. 106-

Nurma, A. Ridwan. (2007). Landasan

Keilmuan Kearifan Lokal. Jurnal Studi Islam

dan Budaya. 1(V). Hlm. 27-38.

Pemerintah Republik Indonesia. 2003.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor

Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan

Nasional. Jakarta

Romadi, & Kurniawan. 2017. Pembelajaran

Sejarah Lokal Berbasis Folklore untuk

Menanamkan Nilai Kearifan Lokal. Jurnal

Sejarah dan Budaya Tahun Kesebelas No. I,

hal 79-94.

Shufa, N. F. 2018. Pembelajaran Berbasis

Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar: Sebuah

Kerangka Konseptual. Jurnal Ilmiah

Kependidikan Vol. 1 No. 1, Februari 2018

Hal. 48-53

Sudarwan, D. 2008. Visi baru manajemen

sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wagiran. 2012. Pengembangan Karakter

Berbasis Kearifan Lokal Hamemayu

Hayuning Buwana (Identifikasi Nilai-nilai

Karakter Berbasis Budaya. Jurnal Pendidikan

Karakter. Tahun II No. III, hal 329-339

Zuhdan K. Prasetyo. 2013. Pembelajaran

Sains Berbasis Kearifan Lokal. Prosiding,

Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan

Fisika. Surakarta. FKIP UNS.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor

Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.