Pembelajaran Berbasis Proyek: Mendesain Poster Untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa

Autor(s): Daindo Milla

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan perangkat Model Pembelajaran Berbasis Proyek (MPBP) terhadap Kreativitas Siswa SMA N.1 Wewewa Timur dan SMA Swasta Manda Elu, Kabupaten Sumba Barat Daya, Propinsi NTT melalui pembelajaran berbasis proyek dengan produk poster. Penelitian ini menggunakan lembar penilaian produk berupa poster dengan melihat aspek-aspek  kreativitas. Untuk memperoleh persentase keefektivan MPBP yaitu jumlah skor yang di peroleh di bagi dengan skor maksimal dikali dengan 100%.  Pengumpulan data dilakukan dengan mengamati produk siswa berdasarkan aspek-aspek yang terdapat pada lembar pengamatan. Hasil yang diperoleh untuk keefektifan pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas siswa adalah  62% berada pada kategori efektif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dengan produk poster dapat mengefektifkan kreativitas siswa.

Keywords

Pembelajaran Berbasis Proyek, Produk Poster, Kreativitas siswa

Full Text:

PDF

References

Bas, G., 2011. Investigating The Effect Of Project Based Learning On Students’ Academic Achieverment and Attitudes Towards English Lesson. The online Journal Of New Horizon In Education, 1(4):1-15.

Gatot & Joko. 2015 Pengembangan dan Implementasi Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal invotek, Volume XI, No. 1, 41-56

Jagantara, I.M.W., Adnyana, P.B., & Widiyanti, N.P.M. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 4.

Lestari, L, Hadisaputro S, & Nuswowat M. 2015. Pembelajaran Berbasis Proyek ddengan Produk Artikel untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Chemistry in Education. UNNES. Semarang

Patmala, D., Afifah, D. S. N., Resbiantoro, G. 2017. Karakteristik Tingkat Kreativitas Siswa yang Memiliki Disposisi Matematis Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (JIPM) Vol.6 No.1 Hal. 30-38

Richardo, R., Mardiyana., Saputro, D. R. S. 2014. Tingkat Kreativitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Divergen Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Elektronik Embelajaran Matematika Vol. 2 No. 2 Hal 141-151.

Sastrika, I. A. K., Sadia, I.W. & Muderawan, I.W., 2013 Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Pemahaman Konsep Kimia dan Keterampilan Berpikir Kritis . e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ghanesha, 3. Vol. 6 No. 2

Siwa, I., Mudermawan, I . & Tika, I., 2013. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pembelajaran Kimia Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Gaya Konitif Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ghanesha 3;1-12.

Sumarni, W. 2015. The Strengths and Weaknesses of The Implementation of Project Based Learning: A Review. International Journal of Science and Research, 4(3):78-84.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.