Perbandingan Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum Sekolah Dasar Di Malaysia, India Dan Indonesia

Autor(s): Agustinus Tanggu Daga

Abstract

Pemerintah berbagai negara telah menjadikan pendidikan karakter sebagai topik pembahasan  dan prioritas dalam pengembangan sumberdaya manusia. Pendidikan dasar telah mengimplementasikan pendidikan karakter baik dalam kurikulum maupun praktek pendidikan. Lembaga Pendidikan dasar bertanggung jawab mengembangkan dan melaksanakan pendidikan karakter bangsa dalam rangka memajukan keberadaban bangsa. Pendidikan karakter adalah pendidikan yang didasarkan pada nilai-nilai inti yang berakar dalam kehidupan masyarakat. Melalui pendidikan karakter dihasilkan manusia yang berkualitas dalam seluruh dimensi kepribadiannya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perbandingan pendidikan karakter dalam kurikulum sekolah dasar tiga negara yaitu Malaysia, India, dan Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian  kualitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis dokumen. Dan berdasarkan analisis berbagai dokumen kurikulum ditemukan bahwa ketiga negara tersebu mengimpplementasikan pendidikan karakter baik dalam kurikulum maupun dalam kegiatan pendidikan. Ada persamaan dan perbedaan pendidikan karakter ketiga negara tersebut. Kesamaan dan perbedaan tersebut ditinjau dari tiga aspek yaitu pendidikan karakter dalam kurikulum, nilai-nilai karakter dalam kurikulum, dan strategi implementasi pendidikan karakter.

Keywords

Pendidikan Karakter, Pengembangan Kurikulum, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References

Agung, Leo. (2011). Character Education Integration In Social Studies Learning. International Journal of History Education. 12 (2), p. 392- 403.

Aulia, Heni. (2018). Spiritualitas Kaum Biarawati: Studi Analisis Biara Susteran Jesus Maria Joseph Ciputata Tangerang Selatan. (Skripsi). Jakarta: Jurusan Studi Agama-Agama Fakultas Ushuluddin Universitas Negeri Syarif Hidayatullah.

Febrianshari, Deddy. (2018). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembuatan Dompet Punch Zaman Now. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD. 6 (1), hlm. 88-95.

Hartono. (2014). Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013 Character Education In Curriculum 2013. Jnana Budaya. 19 (2), hlm. 259-268.

Hidayati, Abna, et.al. (2014). The Development of Character Education Curriculum For Elementary Student In West Sumatera. International Journal of Education and Research. 2 (6), p. 189-198.

Iskandar. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada Press.

Kaimuddin. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Dinamika Ilmu. 14 (1), hlm. 47-63.

Kosim, Mohammad. (2011). Urgensi Pendidikan Karakter. Karsa. 11 (1), hlm. 85-92.

Nik Pa, Nik Aziz dan Idris, Noraini. (2008). Perjuangan Memperkasakan Pendidikan di Malaysia: Pengalaman 50 Tahun Merdeka. Kuala Lumpur: Utusan Publication & Distributors Sdn Bhd.

Nuffic. (2015). Education System India Described and Compared with the Dutch System. 2nd Edition. New Delhi: Nuffic.

Patra, J . N and Mete, J. (2015). Value Education System in India. (Makalah). Kalyani: Department of Education, University of Kalyani.

Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal.

Sumintono, Bambang. (2012). Pendidikan Moral di Malaysia: Tantangan dan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter. 2 (1), hlm. 14-22.

Sultoni, Achmad. (2016). Pendidikan Karakter dan Kemajuan Negara: Studi Perbandingan Lintas Negara. Journal of Islamic Education Studies. 1 (1), p. 184-207.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.