Lesson Study For Learning Community Dalam Model Pembelajaran Motoric

Autor(s): I Wayan Sukarjita, Fakhruddin Fakhruddin, Yusniati M. Yusuf, Maria Y. Giri

Abstract

Artikel ini memuat analisis pelaksanaan pembelajaran Sains dalam setting Lesson Study for Learning Community (LSLC) dengan menerapkan model pembelajaran MOTORIC. Tujuannya adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan dampak penerapan LSLC dalam pembelajaran model MOTORIC terhadap peningkatan kualitas proses belajar Sains. MOTORIC adalah sebuah model pembelajaran yang terdiri dari 7 tahapan pembelajaran yaitu Motivation, Observation, Talking, Orientation, Reflection, Implementation dan Confirmation.

Implementasi model MOTORIC dalam pembelajaran dilakukan dalam setting Lesson Study for Learning Community (LSLC) dengan tahapan plan, do dan see. Open lesson dilakukan pada mata pelajaran Sains siswa kelas VII SMPN 13 Kupang sebagai salah satu sekolah mitra dalam pengembangan LSLC di Kota Kupang yang menerapkan Kurikulum Tahun 2013. Guru modelnya adalah ibu Maria Y. Giri, S.Pd salah satu guru Sains SMP N 13 Kupang.

Berdasarkan hasil observasi dan analisis, maka dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran MOTORIC dalam setting LSLC efektif untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran Sains sebagaimana yang diharapkan oleh konsep LSLC, yakni semua siswa berhak untuk belajar, siswa belajar kolaboratif dan menyenangkan, antara siswa saling mendukung untuk berkembang sesuai potensi yang dimiliki masing-masing siswa. Aktivitas siswa pada akhir siklus menunjukkan sebanyak 53.49% berada dalam kategori sangat aktif dan terkategori cukup aktif sebesar 30.93%.

 

Kata Kunci: LSLC, model pembelajaran, MOTORIC, Sains

Keywords

LSLC, model pembelajaran, MOTORIC, Sains

Full Text:

PDF

References

Anggara, Rian. 2012. Penerapan Lesson Study Berbasis Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru PKn SMP Se Kabupaten Ogan Ilir. (online): http://eprints.unsri.ac.id/142.

Cerbin, William and Bryan Kopp. 2006. Lesson Study as a Model for Building Pedagogical Knowledge and Improving Teaching. In International Journal of Teaching and Learning in Higher Education 2006 (online), Vol 18, Number 3, 250-257. Available: http://www.isetl.org/ijtlhe/ISSN 1812 - 9129.

Direktoral Jenderal Pendidikan Tinggi, Depdikbud. 2009. Panduan untuk Lesson Study Berbasis MGMP dan Lesson Study Berbasis Sekolah. Jakarta: Pelita.

Direktorat Ketenagaan DIKTI. 2010. Program Perluasan Lesson Study untuk Penguatan LPTK (Lesson Study Dissemination Program for Strengthening Teacher Education in Indonesia), Jakarta: Direktorat Ketenagaan Dikti, Depdiknas.

Fernandez, Clea. 2002. Learning from Japanese Approaches to Professional Development: The Case of Lesson Study. Journal of Teacher Education 2002; 53; 393. DOI: 10.1177/002248702237394.

Herawati, 2009, Lesson Study Berbasis Sekolah, Malang: Bayumedia Publishing.

http://pps.uny.ac.id/berita/lesson-study-learning-community-best-practice-pendidikan-di-jepang.html, diakses 23 Oktober 2016.

Istamar, S. 2008. Lesson Study, FMIPA UM. Malang.

John Elliott. 2016. Significant themes in developing the theory and practice of lesson study. International Journal for Lesson and Learning Studies, Vol. 5 Iss: 4, pp.274 – 280.

Lukitasari, Marheny, et al.2014. Lesson Study in Improving the Role of E-Portfolio on the Metacognitive Skill and Concept Comprehension: A Study on Cell Biology Subject in IKIP PGRI Madiun, Indonesia." American Journal of Educational Research 2.10 (2014): 919-924.

Subadi, Pramujiyanti, at al. 2013. A Lesson Study as a Development Model of Professional Teachers. International Journal of Education. ISSN 1948-5476 2013, Vol. 5, No. 2

Sukarjita, I.W. 2015. Model Pembeajaran MOTORIC, PMIPA Press.

Supriatna, Asep, dkk. 2010. Implementasi Lesson Study. Bandung: Rizqi Press.

Ulla Runesson, 2016. Pedagogical and learning theories in lesson and learning studies – revisited. International Journal for Lesson and Learning Studies, Vol. 5 Iss: 4, pp.295 - 299

Undang, G. 2009. Lesson Study Model Pengkajian Pembelajaran Kolaboratif. Bandung: Sayagatama Pers.

William Cerbin and Bryan Kopp. 2006. Lesson Study as a Model for Building Pedagogical Knowledge and Improving Teaching. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education. 2006, Volume 18, Number 3, 250-257, ISSN 1812-9129.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.