KONTRIBUSI MENDIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Autor(s): Heronimus Delu Pingge

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru sekolah dasar dalam mendiagnosis kesulitan belajar siswa dengan hasil belajar siswa di kecamatan Kota Tambolaka, NTT. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi penelitian 241 orang guru. Sampel sejumlah 148 orang dengan teknik sampel quota. Pengumpulan data menggunakan metode kuisioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik regresi linear sederhana.Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif dan signifikan antara kompetensi guru sekolah dasar dalam mendiagnosis kesulitan belajar siswa dengan hasil belajar siswa (p lebih kecil dari 0,05; R2:24,8%,).

Kata kunci : diagnosis kesulitan belajar, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.