Penerapan Model Pembelajaran Perubahan Konseptual Dengan Teknik Analogi Penghubung Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMP Swasta Diakui Adhyaksa 2 Kupang

Autor(s): Amiruddin Supu, Josua B. Mowata, Yusniati H. Muh. Yusuf

Abstract

Abstract: Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan pemahaman konsep fisika yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran perubahan konseptual dengan teknik analogi penghubung dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran perubahan konseptual dengan teknik anomali.

Populasi penelitian  adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Diakui Adhyakasa 2 Kupang dengan sampel penelitian terdiri atas kelas eksperimen (kelas VIII A) atau siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran perubahan konseptual dengan teknik analogi penghubung dan kelas kontrol (kelas VIII B) model pembelajaran perubahan konseptual dengan teknik anomali.

Dari  hasil analisis data penelitian menggunakan uji t. Uji hipotesis pertama menggunakan uji dua pihak, sedangkan uji hipotesis kedua menggunakan uji t satu pihak yaitu uji pihak kanan. Uji hipotesis pertama diperoleh   dan  dengan taraf signifikan ( = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 36. Oleh karena   maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis satu (H1) diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika siswa yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran perubahan konseptual dengan teknik analogi penghubung, dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran perubahan konseptual dengan teknik anomali. Sedangkan uji hipotesis kedua diperoleh  dengan taraf signifikan dan derajat kebebasan (dk) = 48. Oleh karena  maka  hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis satu (H1) diterima. Hal ini berarti pemahaman konsep fisika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran perubahan konseptual dengan teknik analogi penghubung lebih tinggi daripada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran perubahan konseptual dengan teknik anomali.

 

Kata kunci :  Model  Perubahan Konseptual, Teknik Analogi Penghubung, Pemahaman konsep

Keywords

Model Perubahan Konseptual, Teknik Analogi Penghubung, Pemahaman konsep

Full Text:

PDF

References

Harrison., Richard., dan Coll. 2013. Analogi Dalam Kelas Sains. Jakarta : PT Indeks

Boy H. 2014. Penerapan Model Pembelajaran ASSURE dengan Teknik Scramble Untuk meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Swasta Diakui Adhyaksa 2 Kupang, Tugas akhir tidak dipublkikasikan, program studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan Dan ilmu Pendidikan Universitas Nusa Cendana

Kesumawati N. 2008. Pemahaman Konsep Matematika Dalam Pembelajaan Matematika. FKIP Program Studi Matematika Universitas PGRI Palembang.Tugas Akhir Dipublikasikan.

Kusdian K. 2009. Pengaruh Metode Perubahan Konseptual (conceptual Mehods) dalam seting Model 5E Terhadap Pemahaman Konsep Siswa SMA Lab Undiksha Singaraja.http://www.slideshare.net/koess/model-5-e. 15 november 2013

Lein Y. T. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Based Intruction Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Gerak Melingkar Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2012/2013. Tugas Akhir Tidak Diplubikasikan, Program Studi Pendidikan FKIP Universitas Nusa Cendana Kupang.

Prasetyarini A. 2013. Pemanfaatan Alat Peraga Untuk Meingkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMP Negeri 1 Bulus Pesantren Kebumen. Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhamadiayah Purworejo.

Santyasa I. W. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Makalah disajikan pada pelatihan guru-guru SMP dan SMA. Nusa Penida Bali. Tanggal 27 Juni 2007.

____________2008. Pengembanagan Pemanfaatan Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Dengan Pemberdayaan Model Perubahan Konseptual. Berseting Investigasi Kelompok. Lembaga Penilitian universitas Pendidikan Genesa.

Soko I. P. 2009. Penggunaan Animasi Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep Fisika SiswaSMA Negeri 3 Kupang. Tugas akhir tidak dipublikasikan . Program studi pendidikan Fisika, jurusan pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Nusa Cendana Kupang.

Suparno P. 2007. Metodologi Pembelajaran Fisika Konstruktivistik dan Menyenagkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Darma

_____________2013. Miskonsepsi dan Perubahan konseptual dalam pendidikan Fisika. Jakarta : Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Tadas M. B. 2014. Integrasi Model Children Learning In Science (CLIS) Dengan Model Examples Non Examples Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep SiswaSMP Negeri 2 Kupang, Tugas Akhir Tidak Dipublikasi, Program studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Nusa Cendana Kupang.

Tafuli D. 2013 Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7 E Dengan Media Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa Kelas X SMP Negeri 10 Kupang.Tugas akhir tidak dipublkikasikan, program studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan Dan ilmu Pendidikan Universitas Nusa Cendana.

Zega D. S. 2013. Model Pembelajaran Perubahan Konseptual. http://yudistiadewisilvia.wordpress.com/2013/03/12/model-pembelajaran-perubahan-konseptual/comment-page-1/. 19 November 2013

Refbacks

  • There are currently no refbacks.