Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Aspek Sintaksis Dalam Rubrik Opini Koran Victory News Edisi Januari 2019

Adolf Bastian Dawa, Lasarus Bulu Kaleka, Heronimus Delu Pingge

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan sintaksis yang terdapat pada rubrik opini koran Victory News edisi Januari 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik membaca dan mencatat. Teknik analisis data dalam penelitian ini, yaitu: mengidentifikasi data, mengklasifikasi data, menganalisis data, dan menyimpulkan hasil penelitian. Sumber data dalam penelitian ini adalah koran Victory News edisi Januari 2019. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menemukan data kesalahan berbahasa pada aspek sintaksis antara lain: 8 kesalahan aspek kata, 1 kesalahan aspek frasa, dan 34 kesalahan aspek kalimat. Dari hasil temuan data tersebut peneliti memilih 3 data untuk dianalisis. Data-data tersebut yakni: 1 kesalahan aspek kata, 1 kesalahan aspek frasa, dan 1 kesalahan aspek kalimat.

Full Text:

XML PDF

References


Djamal. 2015. Paradigma Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Emzir. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Iskandar, M. C. C. 2012. “Analisis Penilaian Penerapan Manajemen Kompensasi Pada Karyawan Universitas Bunda Mulia”. Jurnal Businesn dan management. 1-13.

Mashun. 2007. Metode Penelitian Bahasa, Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nugroho, R. dkk. 2018. “Analisis Kesalahan dalam Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa Jepang dalam Pembelajaran BIPA”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. 18 (2). 193-209.

Sari, A. 2013. “Kesalahan Berbahasa Tataran Frasa dalam Karangan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 30 Semarang”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Setyawati. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia (Teori dan Praktik).

Surakarta: Yuma Pustaka.

Simbolon, R. A. M. 2016. “Analisis Pencatatan dan Penyajian Belanja Model Pada Kantor Regional Xi Badan Kepegawaian Negara Manado”. Jurnal EMBA. 1442-1449.

Supriadi. 2016. “Community of Practitioners: Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan Antar Pustakawan”. Ejournal. 89-93.

Wulan. 2013. “Analisis Kesalahan Konstruksi Sintaksis Pada Karangan Argumentasi Siswa Kelas Xi SMK YPKK 2 Sleman”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter