MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KESETARAAN ANTARSATUAN UKURAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI KELAS IVA SDK MARSUDIRINI TAMBOLAKA TAHUN AJARAN 2018/2019

Novitaris Lelu, Agustinus Tanggu Daga, Imakulata Magi Loda

Sari


Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi  kesetaraan antarsatuan ukuran degan menggunakan model pembelajaran Make A Match di kelas IV A SDK Marsudirini Tambolaka tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang siklus-siklus dilaksanakan dalam empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitan ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru (peneliti) dan peserta didik yang terdiri dari 36 siswa dengan 19 siwa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes hasil belajar yang diperoleh dan dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan persentase ketuntasan klasikal siklus I dengan jumlah peserta didik  36 siswa, pencapaian ketuntasan dari 22 peserta didik 61% dan ketidaktuntasan dari 14 peserta didik 39%. Terjadi peningkatan pada siklus II dengan ketuntasan dari 29 peserta didik mencapai persentase 61%, sedangkan  ketidaktuntasan dari 7 peserta didik mencapai 19%.

 

Keywords: Hasil Belajar,  Kesetaraan Antarsatuan Ukuran, Make A Match.


Referensi


Angraini, Dwi. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS SMA: hal. 6-9. Pontianak: FKIP Utan.

Huda, (2014). Model-ModeL Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kurniasih dan Sani, (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Rusman, (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Salahudin, Anas. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Pustaka Setia.

Suharmisi, dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Askara.

Sulitsyowati. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Pecahan Desimal Melalui Model Pembelajaran Make A Match pada Siswa Kelas V SDN I Pomah Kabupaten Klaten.

Setyowati, Enda. (2014). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Nilai Tempat, Ratusan, Puluhan Dan Satuan Melalui Model Make A Match Pada Siswa Kelas II MI Taufiqiyyah Tegalkangkung. Semarang : Fakultas Tarbiyah Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.