MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER SISWA KELAS IVA
Abstrak
Abstract: Tujuan penelitian adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Sumber Daya Alam Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together Siswa Kelas IVa SDK Bali Loura. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, peneliti menyiapkan perangkap pembelajaran yang sesuai dengan model pembelajaran Numbered Head Together. Selanjutnya tahap pelaksanaan, disesuaikan dengan langkah-langkah model pembelajaran Numbered Head Together. Pada tahap pengamatan observer melihat aktivitas guru dan siswa dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan indikator pada lembar pengamatan. Pada tahap refleksi tim observer menganalisis hasil tes pengamatan guru dan siswa setiap siklus, analisis nilai yang digunakan yaitu analisis nilai kulitatif.Hasil penelitian pada siklus I, siswa yang mencapai kriterial ketuntasan minimal (KKM) berjumlah 13 orang (48,15) sedangkan siswa yang tidak mencapai KKM berjumlah 14 orang (51,85). Nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus I adalah 62,96. Pada siklus II, siswa yang mencapai KKM berjumlah 24 orang (88,89) sedangkan siswa yang tidak mencapai KKM berjumlah 3 orang (11,11). Nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus II adalah 80,37. Hasil observasi guru dan siswa siklus I berada pada kategori baik, sedangkan hasil observasi guru dan siswa pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together juga dapat meningkatkan aktivitas (kinerja) guru dan siswa dalam proses pembelajaran Keywords: Hasil Belajar, Numbered Head Together, IPSReferensi
Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Arikunto. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hamdayama. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kratif dan Berkrakter. Jakarta: Ghalia Indonesia
Im Tri Suyoto. Abd Malik HA . Santoso. (2011). Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI Kelas IV. Sidoarjo: Masmedia
Kurniasih. Berlin Sani. (2016). Program Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena
Majid. (2014). Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Salahudin. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. bandung: CV pustaka setia.
Sudjana. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajara. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset Bandung.
Suyono. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: PT. Remaja Rosdakarya Offset-Bandung.
Suryana. (2012). Modul Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kementrian Agama RI
Sulhan, (2010). Pembangunan Karakter Pada Anak Manajemen Pembelajaran Guru Menuju Sekolah Efektif: Surabaya: Intelektual Club
Sri Anitah W. (2012). Strategi Pembelajaran: Tengerang Selatan: Universitas Terbuka
Slamento. (2013). Belajara dan Fakto-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional