MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I SD MASEHI MATA MENGGUNAKAN MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) 7E TEMA PENGALAMANKU SUBTEMA PENGALAMAN YANG BERKESAN

Oktaviani A Bili, Ferdinandus Bele Sole, Valentina Lede

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada tema pengalamanku sub tema pengalaman yang berkesan dengan menggunakan model siklus belajar (learning cycle) 7E di kelas I SD Masehi Mata. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan subyek penelitian sebanyak 31 siswa. Dalam penelitian tindakan kelas terdiri dari empat tahapan yaitu : perencanaan, tindakan observasi dan refleksi. Data penelitian berupa hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa diperoleh melalui tes pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model siklus belajar 7E pada tema pengalamanku sub tema pengalamn yang berkesan di kelas I SD Masehi Mata. Bukti adanya  peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan dari ketuntasan belajar klasikal pada siklus I mencapai 72%, dan meningkat menjadi 92% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model siklus belajar (learning cycle) 7E dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema pengalamanku sub tema pengalaman yang berkesan di kelas I SD Masehi Mata

 

Keywords: Hasil Belajar Siswa, Model Siklus Belajar 7E


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Bodner, George J. 1986. Contructivism A Theory Of Knowledge. Journal Of Chemical Education Volume 63,873-878.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.

Eisenkraft, A. 2003. Expanding the 5E model. The Sciences Teacher 70 (6). 56-59. (online).Tersedia:http://itsabouttimr.com/htmls/ap/eisenkraft.pdf.(20Juni2012).

Ngalimun. (2013). Strategi dan Model Pembelajaran.Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sene, M. 2012. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Terhadap Iklim Kinerja Guru. Yogyakarta: Andi Offset.

Wahyudin.2014. Pengantar Pendidikan. Jakarta:PT Raja Grafindo.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.