Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif TipeThink Pair Share (TPS) Dengan Model PembelajaranStudent Team Achievment Devision(STAD) Terhadap Prestasi Belaja Fisika

Arniati Dunga, Oktavianus Deke, Mekianus Suluh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievment Devision (STAD). Penelitian ini merupakan penelitian komparatif, Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Siswa yang menjadi sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIA dan kelas VIIIB SMP Negeri 8 Wewewa Timur. Instrumen yang digunakan tes pilihan ganda. Hasil analisis data dengan program SPSS 16,0 diperoleh thitung (0,590) > ttabel 2,000 pada taraf signifikan 5%. Hasil ini mennjukka tidak terdapat perbedaan antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Student Team Achievment Devision (STAD).


Kata kunci: Think Pair Share (TPS), Student Team Achievment Devision (STAD), Prestasi Belajar


Full Text:

PDF

References


Ali, M. (2002). Penelitian pendidikan prosedur dan penelitian strategi. Bandung: Angkasa.

Djamarah,S dan Babri.(1994). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Rineka Cipta.

__________. (1994). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional Surabaya- Indonesia

Sugiyono. (1999). Peningkatan Profesionalisme Guru Menghadapi Pendidikan. Bandung: Alfabeta

_______. (2001). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sutarto,(2004). Jurnal Pendidikan, ISSN:0852-601.VOL,14 (57) : 74-87

Suryabrata, S. (2003). Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Syah. (1995). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Depdikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.