Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik

Omilia Lede, Oktavianus Deke, Desak Made Anggraeni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas X MIA SMA St. Alfonsus dan apakah ada perbedaan hasil belajar fisika peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol.Desain penelitian yang digunakan adalah Randomized Posttes-Only Control Group Design dengan populasi 74 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling, didapatkan jumlah sampel kelas eksperimen 24 peserta didik dan kelas kontrol 24 peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian tentang pengaruh model pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelasX MIA SMA St. Alfonsus, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari model pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas X MIA SMA St. Alfonsus pada materi gerak melingkar dan penerapannya. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan (2-tailed) 0,000 < taraf signifikan 0,05. Dalam penelitian ini terlihat bahwa terdapat perbedaan hasil belajar fisika peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol pada materi gerak melingkar dan penerapannya. Hal ini dibuktikan dengan adanya nilai rata-rata kelas eksperimen 85,83, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 64,17.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Agustin, M. dkk. (2017). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing Di SMA Negeri 15 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), Vol. 1, No. 1, Agustus 2017.

Astra, I. M. dkk. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing Terhadap Hasil Belajar Fisika Dan Karakter Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 8 (2012) 135-143.

Marwan Fajri. Z. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pemuaian Di Kelas X Mandarussalam Aceh Besar [Skripsi]. Aceh Besar. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri Ar Raniry DarussalamBanda Aceh.

Sukmadinata. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana (2009). Peneliaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Supardi, (2012). Pengaruh media pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar. Jurnal formatif. ISSN 2088-35 IX. Vol. 2 (1): 71.

Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah Wawasan Baru, Beberapa Metode Pendukung, dan Beberapa Komponen Layanan Khusus. Jakarta : Rineka Cipta.

Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Innovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Throbroni. (2015). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta: ArRuzz Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.