Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science Terhadap Pemahaman Konsep Fisika

Anastasia Mala, Yohanis Umbu Kaleka, Yohanes Engge

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CLIS terhadap pemahaman konsep fisika siswa kelas VII SMP Swasta Rangga Rame. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimen Design dengan populasi 50 siswa. pengambilan sampel di lakukan dengan menggunakan teknik pengambilan simple random sampling, didapatkan jumlah sampel 50 siswa. Berdasarkan hasil analisis diperoleh rata-rata kelas kontrol 60.32 dan data kelas Eksperimen 76.32 dengan rata-rata skor 3.911. Hasil uji hipotesis pada taraf signifikan 0,000 terdapat data kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh thitung lebih besar ttabel, yaitu 3.911 > 1.71 yang berarti H1 diterima dan H0 di tolak. Berdasarkan hasil analisis dengan bantuan SPSS versi 16.00 tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa..

Kata Kunci: Model Pembelajaran CLIS, Pemahaman Konsep


Full Text:

PDF

References


Anderson, Krathwohl. 2010. Pengaruh Jigsaw II dan GI Terhadap Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Vokasi vol. 3 no. 2.Universitas Negeri Yogyakarta

Dahar, Arum et al. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) terhadap aktivitas belajar siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 4 no.2, September 2015 Universitas Jember.

Dellolio dan Donk. 2007. Perbedaan Jigsaw II dan GI Terhadap Pemahaman Konsep dan pemecahan masalah. Jurnal pendidikan Vokasi, Vol 3. No. 2, 2013 Universitas negeri yogyakarta.

Joyce dan Weil. (2009). Miftahul Huda. (2013). Model model Pengajaran danPembelajaran. Yogjakarta

Luh PutuYudha Budiarti, dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran CLIS terhadap hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di Gugus III .Jurnal Mimbar PGSD, Vol.2 No.1,2014 universitas pendidikan Ganhesa. Tersedia pada http// download.portalgaruda.org (diakses 22 mei 2018 10:56)

Muliawan, 2014 Metodologi Penelitian Pendidikan Yogjakarta

Nuraiman, Wijaya. 1997. Model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science). Tersediapada http// repository.unpas.ac.id (diakses 22 mei 2018 10:48)

Nurgiyantoro, Gunawan & Mardjuki. 2000. Statistic Terapan Untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial. Yogjakarta:GadjaMadaUniversitas Press

Poerwadaminta, Aziz, Rahmat. 2007. Peningkatan Pemahaman Konsep .Jurnal pendidikan. FKIP UMP Tersedia pada http//repository.ump.ac.id (diakses 22 mei 2018 19:47)

Rate Rusmala Sari, dkk. 2015. Model Pembelajaran CLIS Dengan Orientasi Melalui Observasi Gejala Fisis Dalam Pembelajaran IPA Fisika Di SM. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol.3 No.4.Universitas

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Professional Guru Jakarta: Rajawali Pers.

Samatowa. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran CLIS terhadap hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di Gugus III .JurnalMimbar PGSD, Vol.2 No.1,2014 Universitas pendidikan Ganhesa. Tersedia pada http// download.portalgaruda.org (diakses 22 mei 2018 10:56)

Santrock.2011. Perbedaan Jigsaw II dan GI Terhadap Pemahaman Konsep dan pemecahan masalah. Jurnal pendidikan Vokasi, Vol 3. No. 2, 2013 Universitas negeri yogyakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatifdan R&D). Bandung Alfabeta

Sustrisno, Leo, Nuraiman Wijaya. 2007.Pengembangan pembelajaran. Malang

Trinamansyah, H.S. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Universitas Terbuka.

Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Nomor 20 Tahun2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Woll-f ook, dkk. (2009). Perbedaan Jigsaw II dan GI Terhadap Pemahaman Konsep dan pemecahan masalah pada Kompetensi Mendiagnosis Permasalahan Pengoperasian PC dan Peripheral ditinjau dari motivasi belajar. Jurnal pendidikan Vokasi, Vol 3. No. 2, 2013 Universitas negeri yogyakarta.

Yusuf, M. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian Gabungan. Padang: PT kencana prenamedia group.

Zainal, Arifin. 2009. Evaluasi Pembelajaran, Prinsip, Teknik, Prosedur Bandung; PT. Remaja Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.