Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa

Maria Rensiana Edhe, yohanes Engge, Oktavianus Deke

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jawaban mengenai ada tidaknya hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Se-Kecamatan Kota Tambolaka. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah metode penelitian korelasional.
Subyek dalam penelitian ini berjumlah 95 siswa yang diambil secara random sampling dari seluruh siswa kelas VIII SMP Se-Kecamatan Kota Tambolaka Tahun ajaran 2018/2019. Kecerdasan Emosional ini diukur dengan skala kecerdasan emosional model Likert berdasarkan indikator-indikator kecerdasan emosional yaitu kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial yang diambil dari buku Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran karya Hamzah B. Uno dan dikembangkan sesuai kebutuhan penelitian. Dalam pengumpulan data kecerdasan emosional diambil dari hasil pembagian angket kecerdasan emosional kepada siswa, dan untuk mengukur prestasi belajar siswa dengan mengambil nilai fisika dari tiap-tiap sekolah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar fisika siswa Kelas VIII SMP Se-Kecamatan Kota Tambolaka (SMPK Seminari Sinar Buana, SMPK Plus Kasimo, SMP Manda Elu, dan SMPK Aloysius Weetebula). Hal ini dapat dilihat dari hasil perolehan analisis data dengan rumus product moment, yang memperoleh nilai ???????????? sebesar ????????????????????????? > ???????????????????????? dari masing-masing sekolah yaitu = 0,841 > 0,514, = 0,599 > 0,413, = 0,694 > 0,396, = 0,539 > 0,349 dengan taraf signifikansi 5%. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa SMP Se-Kecamatan Kota Tambolaka dapat diterima.

Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar Fisika


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Mudzakir. (1997). Psikologi Pendidikan. Bandung : Pustaka Setia

Goleman, Daniel. (2000). Emitional Intelligence (terjemahan). Jakata : PT Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, Daniel. (2000). Working With Emotional Intelligence (terjemahan). Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, Daniel. (2002). Kecerdasan Emosi untuk mencapai puncak prestasi. Jakarta : PT.Gramedia Pustaka Utama.

Gottman, John. (2001). Kiat-kiat Membesarkan Anak yang Memiliki Kecerdasan Emosional (terjemahan). Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Uno, Hamzah B. (2008).Orientasi Baru dalam Psikologo Pembelajaran. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Uno, Hamzah B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Anwar Muhaimin, Journal of Classroom Action Research, 2019(1) 1: 5-13

Irwanto. (1997). Psikologi Umum. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Karmila. (2014). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran PAI,Siswa Kelas VIII MTs AlHidayah Arco Bojongsari Depok. (Skripsi).

Mila Ratnawati. (1996). Hubungan antara Persepsi Anak terhadap Suasana Keluarga, Citra Diri, dan Motif Berprestasi dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas V SD TaMiriyah Surabaya. Jurnal Anima Vol XI No. 42.

Moch, Nazir. (1988). Metodologi Penelitian.Cetakan 3. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Muhibbin, Syah. (2000). Psikologi Pendidikan dengan Suatu Pendekatan baru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Ratna Wilis, D (1996). Teori-Teori Belajar. Jakarta : Penerbit Erlannga.

Rahma (2017). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negri 4 Metro Pusat. Jurnal PGSD Universitas Lampung.

Saphiro, Lawrence E. (1998). Mengajarkan Emotional Intelligence Pada Anak. Jakarta : Gramedia.

Sarlito Wirawan. (1997). Psikologi Remaja. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

Sri, Lanawati. (1999). Hubungan Antara Emotional Intelligence dan Intelektual Quetion dengan Prestasi Belajar Siswa SMU.Tesis Maste: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Sumadi, Suryabrata. (1998). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada .

Sumadi, Suryabrata. 1998. Metodologi Penelitian. Cetakan sebelas. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Saifuddin, Azwar. (1997). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Balajar Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.