Analisis Kesalahan Siswa SMAN 1 Kota Tambolaka Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Induksi Matematika Dengan Panduan Criteria Polya

Yanuarius Bani, Dekriati Ate, Edi Wahyudi

Abstract


Salah satu pokok bahasan yang sering dianggap sulit bagi siswa dalam mata pelajaran matematika adalah materi pokok bahasan induksi matematika  karena membutuhkan pemikiran dan penalaran yang kritis serta memerlukan abstraksi yang logis. Mengingat pentingnya materi pokok bahasan induksi matematika, maka diperlukan suatu pendekatan agar materi dapat terserap oleh siswa. Hal itu dapat diapresiasikan dengan pendekatan langkah-langkah Polya. Berdasarkan hal tersebut, permasalahan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada pokok bahasan induksi matematika dengan panduan kriteria Polya. Subyek penelitian diambil 5 siswa dari 27 siswa kelas XI IBB SMAN 1 Kota Tambolaka, Pengambilan subjek penelitian didasarkan pada ranking siswa yang melakukan kesalahan dari hasil tes. Tes yang digunakan berbentuk uraian sebanyak 5 soal. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil tingkat persentase kesalahan siswa dengan panduan criteria Polya diperoleh data bahwa kesalahan siswa dalam memahami masalah sebesar  ,  kesalahan dalam  membuat rencana penyelesaian sebesar 3%, kesalahan siswa dalam melaksanakan penyelesaian sebesar 35%, dan kesalahan dalam memeriksa kembali sebesar 45%

Kata kunci:Analisis, Kesalahan,  Induksi Matematika, Criteria Polya.


References


Aziz. 2018. Kontribusi Lingkungan Belajar Dan Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah. E-ISSN. Hal. 03. Vol. 25, No 2. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah : Jakarta.

Arikunto S. Dkk. 2009. Evaluasi Program Pendidikan(Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa Dan Praktisis Pendidikan). Cetakan Ke-2. PT Bumi Aksara: Jakarta.

Danni R. U. 2016. Diagnosis Of Learning Difficulties And Guidance Learning Services To Slow Learner Student. ISSN. Hal :63. Volume 6. No.1 Aniversitas Ahmad Dahlan.

Dian F. Argarini. 2018. Jurnal Matematika dan Pembelajaran Volume 6. No. Hal: 92. IKIP Budi Utomo: Malang.

Hikmat M. 2011. Metode Penelitian Dalam Perspektif Ilmu Komunikasi Dan Sastra. Edisi Pertama. Hal: 80-82:Yogyakarta.

Ismail. 2016. Diagnosis kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran aktif di sekolah. Hal: 33. ISSN- vol. 2. No. 1: Raniry Banda Ace.

Kurniasi & Juwita. 2019. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Ditinjau Dari Kemampuan Tinggi, Sedang Dan Rendah. Hal: 26. ISSN- Volume 7. No. 1. Edisi 2019: Bangka Belitung.

Layn . 2017. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Hal : 97. ISSN : 2459-9735. Volume 3. No. 2. Universitas Muhammadiyah : Sorong.

Mahendra. I. 2015. Jurnal Pilar Nusa Mandiri. Hal 60-74: Vol. XI, No.1 Jl. Damai No.8 Warung Jati Barat Margasatwa :Jakarta Selatan.

Malik. 2011. Jurnal Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP 4 Kudus dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Pokok Bahasan Segi empat dengan Panduan Kriteria Polya. ISSN Hal: 02-16. Volume 5: Semarang.

Manullang S, dkk. 2017.Buku Matematika kelas XI cetakan ke-2 revisi edisi 2017. Hal:01-27. Jln. Palmera Selatan. No. 22-28: Jakarta.

Ode. & Karisma. 2018. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran. Hal: 175. ISSN- Vol 6. No. 2 . Univesitas Negeri : Makasar.

Purwanto. 2014. Buku Evaluasi hasil belajar. Hal. 114-132. Celaban timur: Jogjakarta.

Sutarto. 2014. Jurnal Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya Untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematis Di Sekolah Menengah Pertama. ISSN Hal :53-56 Volume. 2. No 1:Jakarta.

Rahmat P. 2009. Penelitian kulaitatif. Hal: 02-03. ISSN- Volume 5. No. 9: Equilibrium.

Ruswati. 2018. Analisis kesalahan siswa smp dalam menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematis. E-ISSN. 97. Volume 5. No 1: Jawa barat.

Salmina M. & Adyansyah F. 2017. Analisis Soal Ujian Matematika Siswa. Hal: 07. ISSN- Volume 4. No. 1: Banda Ace.

Sudijono A. 2013. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Hal: 61. Cetakan ke 13. Jakarta .

Sugiono. 2015. Analisis Kecerdasan Emosional. E-Jurnal. Hal: 10 : Jambi

Siti N A. & Khamida .2019. Mathematics Education. Hal. 55-73. Vol. 1 No.1: Jakarta.

Wahyuni T. 2008. Matematika 1: Konsep dan Aplikasinya: Untuk kelas VI SMP/MTs I. ISSN. Hal: 02, Vol. 3: Departemen pendidikan nasional.

Yeni Ety M. 2015. Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar, ISSN. Hal.03-05. Vol. 2, No. 2. Universitas Almuslim.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Teindeks Pada:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Flag Counter