PENGEMBANGAN LKS BERBASIS TEORI APOS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Ahmad Muzaki, Deni Aftasari, Puji Lestari, Siska Ayu Nirmala

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS matematika ideal pada materi barisan dan deret aritmetika yang didasarkan dari teori APOS yang praktis dan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan mengacu pada model ADDIE. Subyek penelitian ini yaitu pengembangan LKS berbasis teori APOS pada materi barisan dan deret aritmetika. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kevalidan adalah lembar validasi LKS, untuk mengukur kepraktisan LKS adalah angket respon siswa, untuk mengukur keefektifan LKS adalah lembar penilaian skor siswa dalam menyelesaikan LKS, dan tes hasil belajar siswa untuk mengetahui adanya peningkatan prestasi siswa pada materi barisan dan deret aritmetika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat validitas LKS berada pada kategori valid, tingkat kepraktisan LKS berada pada kategori tingkat kepraktisan tinggi, dan tingkat keefektifan LKS berada pada kategori efektif, dan adanya peningkatan prestasi belajar sebesar 64,24 % dengan rata-rata nilai siswa sebesar 83,6. Berdasarkan uraian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan sudah dikatakan layak untuk digunakan dalam meningkatkan prestasi siswa pada materi barisan dan deret aritmetika.


References


Cahyaningtyas, G., Saputra, M. D., & Permatasari, R. 2015. Desain Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Konteks Gerhana Matahari Total Materi Barisan dan Deret Aritmetika, Artikel, (Online), (https://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/49619197/Paper_Kelo mpok_2.pdf?AWSAccessKeyId=AKIAIWOWYYGZ2Y53UL3A&Expires =1549589486&Signature=ggFAd7bQ%2FK8rNWyyvX9viMOkrPc%3D&response-content-disposition=inline%3B%20filename%3DDESAIN_PEMBELAJARAN_BERBASIS_MASALAH_DEN.pdf, diakses 2 Februari 2019).

Febriani, V. Khamid., & Rohati. (2014). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Teori APOS (Aksi, Proses, Objek, Skema) Terhadap Hasil Belajar Matematika di SMP Negeri 2 Kota Jambi, Artikel Ilmiah, (Online) (http://repositry.fkip.unja.ac.id/file?i=xBI25hbYFKVzl432EILvt4P91ZLaq DRIdsSJQ6juw, diakses 2 Februari 2019).

Januari 2019).

Kusaeri. (2015). Terbentuknya Konsepsi Matematika pada Diri Anak Dari Perspektif Teori Reifikasi dan APOS. Jurnal Pendidikan Matematika 1 (2). Halaman 101-105. (Online) http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/dwnlad/244/304 diakses pada tanggal 4 september 2019)

Mudrikah, Yeni. 2016. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Discovery Learning Pada Materi Turunan Fungsi Untuk Siswa Kelas XI IPS di MA Patra Mandiri Plaju”. Skripsi tidak diterbitkan. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah : Palembang. (Online), (http://eprints.radenfatah.ac.id/1124/1/YENI%20MUDRIKAH%20%28122 21111%29.pdf, diakses pada tanggal 22 Mei 2019).

Mulyono, M. (2011). Teori Apos Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran, Journal of Mathematics and Mathematics Education,(Online), 1(1), (https://jurnal.uns.ac.id/jmme/article/viewFile/9924/8840, diakses 21

Natalia, Sri Sulastri dkk. (2017). Analisis Tingkat Pemahaman Siswa Berdasarkan Teori Apos pada Materi Persamaan Kuadrat Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM) Solusi I(5). Halaman 104-117. (Online) (http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/matematika/article/download/11635/8322 diakses pada tanggal 4 september 2019)

Rahayu, P dan Kholilullah. 2018. Validitas dan Praktikalitas Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Kontekstual Materi Bangun Ruang Sisi Datar pada Siswa SMP. Jurnal ilmiah pendidikan matematika, 3(2), 126- 133, (Online), (http://journal.upgris.ac.id/index.php/JIPMat/article/download/2805/pdf, diakses pada tanggal 4 september 2019).

Rahma, N. D. P. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kontekstual pada Materi Sistem dan Alat Pembayaran dalam Kegiatan Belajar Di Kelas X IPS SMA Negeri 1 Kota Jambi. Skripsi Pendidikan Ekonomi PIPS, FKIP : Universitas Jambi, (Online), (http://repository.fkip.unja.ac.id/file?i=xBmI25hbYFKVzOl432EILvt4P91Z LaqDRIdsSJQ6juw, diakses 22 Mei 2019).

Sugiyono. 2017. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Cv.Alfabeta : Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Teindeks Pada:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Flag Counter