PENGEMBANGAN LKS BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPK St. ALOYSIUS WEETEBULA TAHUN AJARAN 2019/2020

Kaita Lepir, Ahmad Muzaki, Dekriati Ate

Abstract


ABSTRAK

Kaita Lepir. 83821403015. Pengembangan LKS berbasis inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMPK St. Aloysius Weetebula Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Pogram Studi Pendidikan Matematika. STKIP Weetebula 2020.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis inkuiri pada materi operasi bilangan pecahan dan mengetahui respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang meliputi tahapan pengembangan 4-D, yaitu Define (pendefinisian)Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Karena keterbatasan peneliti, penelitian dilakukan hingga tahap Develop. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMPK St. Alousius Weetebula dengan jumlah 21 siswa. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar validasi LKS, angket respon siswa dan hasil belajar siswa yang ditinjau dari aspek kevadilan, kefektifan dan kepraktisan. Hasil analisis data diperoleh Kualitas LKS memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata LKS yaitu 4,0 dari skor    4,2 dengan kriteria sangat baik. kualitas kepraktisan LKS memenuhi kriteria praktis berdasarkan skor rata-rata angket respon siswa 3,7 dari skor     4,2 dengan kriteria sangat baik. Kualitas keefektifan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif berdasarkan tes hasil belajar dengan presentase rata-rata 81% yang berada diantara persentase P  80 dengan kategori sangat baik. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa LKS berbasis inkuiri yang dikembangkan dinyatakan valid, efektif dan praktis untuk digunakan sebagai salah satu bahan ajar di sekolah.

Kata Kunci : Inkuiri, LKS dan Bilangan Pecahan


References


DAFTAR PUSTAKA

Hidayat, Rahmat. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Inkuiri Pada Materi system Persamaan Linear Satu Varabel (SPLDV) Kelas VIII N 05 Kota Jambi. Jambi: FKIP Universitas Jambi. http://repository.fkip.unja.ac.id

Nugroho, Nanang Budi. (2014). Pengembangan Rpp Dan Lks Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Himpunan Untuk Siswa Smp Kelas VII. Universitas Negeri Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id

Prasetyo, w. (2012). Pengembangan LKS dengan Pendekatan PMR pada Materi Lingkaran di Kelas VIII SMPN2 Kepohbaru Bojonegoro. MATHEdunesa. 1(1) : 1-6

Rahayu, Ayu. Dkk. (2016). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. EISSN: 2502-471X Pengembangan LKS bercirikan Problem Based Learning untuk siswa SMP Ar-Rohman Malang. Uniersitas Negeri Malang. https://media.neliti.com/media/publication

Twosias, Fedrick.(2016).Pengembangan LKS Inquiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA Negeri 1 Prambanan Kelas X. Universitas Negeri Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id

Trianto (2011). Mendesain Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).Jakarta: Kencana Prenada Media Grup


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Teindeks Pada:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Flag Counter