Peluang Peluang Dan Tantangan Wirausaha Di Bidang Pendidikan Pada Era Revolusi Industri 4.0
Authors
Melkianus Suluh , Yuliana Sesi BituPublished:
2023-08-08 — Updated on 2023-03-31Versions:
- 2023-03-31 (2)
- 2023-08-08 (1)
Issue:
Vol. 7 No. 1 (2023)Articles Regular Issue
Downloads
How to Cite
Abstract
Paper ini berjudul “Peluang Dan Tantangan Wirausaha di Bidang Pendidikan Pada Era Revolusi Industri 4.0”. Metode yang digunakan untuk melakukan pembahasan adalah metode studi pustaka. Hasil analisis memberikan informasi bahwa revolusi industri 4.0 menghadirkan banyak tantangan dan berbagai peluang wirausaha. Revolusi industri 4.0 menyebabkan hilangnya banyak pekerjaan tradisional yang sebelumnya dikerjakan secara manual oleh manusia kemudian tergantikan oleh mesin dengan hadirnya kecerdasan buatan, namun juga melahirkan peluang usaha baru dengan menawarkan pemanfaatan teknologi internet dan jaringan. Pada bidang pendidikan, revolusi industri 4.0 menghadirkan tantangan bagi penyelenggara pendidikan termasuk wirausaha pendidikan. Kehadiran teknologi internet dan jaringan memberikan tantangan sekaligus peluang kepada wirausaha pendidikan untuk menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan yang berbasis internet dan jaringan. Wirausaha pendidikan dihadapkan pada peluang mengembangkan usahanya tidak hanya pada skala lokal, namun pada skala global. Dengan demikian, revolusi industri 4.0 selain menghadirkan berbagai tantangan bagi wirausaha pendidikan, juga menghadirkan peluang bagi wirausaha kreatif dan inovatif.References
Albinsaid, G. (2018). Era Baru Wirausaha Sosial. CV. Indonesia Medika.
Alfin, J. (2018). Membangun Budaya Literasi Dalam Pembelaajran Bahasa Indonesia Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Pentas, 60-66.
Ananda, R., & Rafida, T. (2016). Pengantara keWirausahaan Rekayasa Akademik Melahirkan Enterpreneurship. Meda: Perdana Publishing.
Aoun, J. (2017). Robot-proof: higher education in the age of artificial intelligence. US: MIT Press.
Diandra, D. (n.d.). Program Pengembangan Kewirausahaan Untuk Menciptakan Pelaku Usaha Sosial Yang Kompetitif. Polban, 1340-1347.
Direktorat Statistik Keuangan, T. I. (2021). Statistik Krakteristik Usaha 2021. Jakarta: BPS RI.
Gufron. (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan Peluang dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat, (pp. 332-337). Jakarta.
Guru , R. (2020, 1 7). Ruangguru Tutup Tahun 2020 dengan Melayani Lebih dari 22 Juta Pengguna di Indonesia. Retrieved 05 29, 2022, from Ruang Guru: https://www.ruangguru.com/blog/ruangguru-tutup-tahun-2020-dengan-melayani-lebih-dari-22-juta-pengguna-di-indonesia
Hadi, S. (2016). Pendidikan Keluarga Konsepsi Strategi Belajar Wirausaha Pada Keluarga Migran Madura. Surabaya: Pena Salsabila.
Hakim, A. R. (2019). Menjawab Tantangan Era Industry 4.0 dengan Menjadi Wirausahawan di Bidang Pendidikan Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, (pp. 480-489). Jakarta.
Haryanti, D. M., Hati, S. R., Wirastuti, A., & Susanto, K. (2016). Berani Jadi Wirausaha Sosial. PT Bank DBS Indonesia.
Ibda, H. (2019). Pembelajaran Bahsa Indonesia Berwawasan Literasi Baru Di Peguruan Tinggi Dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Jalabahasa (Jurnal Ilmiah Kebahasaan), 48-64.
Ismunandar, D. (2021, 12 20). 8 Aplikasi Belajar Online Terbaik Untuk Belajar di Rumah. Retrieved 05 29, 2022, from Bintang Sekolah Indonesia: https://bintangsekolahindonesia.com/pendidikan/aplikasi-belajar-online/
Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Sundermann, 28-43.
Mulyadi. (2011). Kewirausahaan Bertidan Kreatif dan Inovatif. Palembang: Rafah Press.
Neolaka, A. (2019). Isu-Isu Kritis Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Nurhasanah, N. (2018). Menumbuhkan Minat Menjadi Wirausaha Sosial Pada Remaja Melalui Mata Kuliah Kewirausahaan Studi Kasus Mahasiswa Universitas Esa Unggul. Forum Ilmiah, 253-259.
Prasetyo, B., & Trisyanti, U. (2018). Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Perubahan Sosial. Prosiding Semateksos 3 "Strategi Pembangunan Nasional MenghadapiRevolusiIndustri 4.0", (pp. 22-27).
Primadhita, Y., Ayuningtyas, E. A., & Primatami, A. (2020). Orinetasi Kewirausahaan dan Strategi Bisnis Dalam Peningkatan Kinerja Wirausaha Perempaun Di Bogor. Malam: Ahlimedia Press.
Rohida, L. (2018). Pengaruh Era Revolusi Industri 4.0 Terhadap Kompetensi Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 114-136.
Saragih, R., & Elisabeth, D. M. (2020). Kewirausahaan Sosial Dibalik Pandemi Covid-19 Penelusuran Profil dan Strategi Bertahan. Jurnal Manajemen, 47-56.
Satria, A. (2020). Strategi Perguruan Tinggi Men ghadapi Revolusi Industri 4.0. . Mimbar Ilmiah. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Setiawan, D., & Lenawati, M. (2020). Peran dan Strategi Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Era Society 5.0. Research: Jurnal Of Computer, Information System & Teknologi Management, 1-7.
Sugihartono, Fathiyah , K. N., Harahap, F., Setiawati, F. A., & Nurhayati, S. R. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sutanto, E. M. (2021, Maret 22). Entrepreneurial Leadership Dalam Organisasi. Surabaya.
Syamsuar, & Reflianto. (2019). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. E-Tech Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan.
Wardhana, A. M., Frendika, R., & Assyofa, A. R. (2022). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Efikasi Diri terhadap Niat Berwirausaha. Bandung Conference Series: Business and Management (pp. 225-231). Bandung: Unisba.
Yahya, M. (2018). Era Industri 4.0: Tantangan dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia”, Naskah Pidato Pengukuhan Guru Besar. Makasar: Universitas Negeri Makassar.
Yulastri, A. (2019). Karakter Wirausaha. Bandung: Alfa Beta
License
Copyright (c) 2023 Melkianus Suluh, Yuliana Sesi Bitu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Edukasi Sumba (JES), agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. This license allows authors to use all articles, data sets, graphics and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Edukasi Sumba (JES)
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).