Analisis Analisis Model Pembelajaran Make A Match dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa (Studi Literatur)
Authors
Maria Arlina Bulu , Melkianus Suluh , Oktavianus DekePublished:
2023-09-30Issue:
Vol. 7 No. 2 (2023)Articles Regular Issue
Downloads
How to Cite
Abstract
Hasil belajar Merupakan kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Oleh karena itu hasil belajar diartikan pula sebagai hasil yang dicapai setelah terjadi proses belajar dan pembelajaran yang menghasilkan perubahan tingkah laku. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran make a match dalam peningkatan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara membaca artikel jurnal, skripsi hasil penelitian tedahulu. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran make a match,dimana model pembelajaran ini merupakan model pembelajaran yang mengajak siswa belajar sambil bermain mengenai suatu konsep atau topik tertentu dalam suasana yang menyenangkan. Berdasarkan pembahasan hasil kajian literatur dari lima artikel jurnal dan dua skripsi yang dirujuk, menyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran make a match dalam peningkatan hasil belajar siswa yang diperoleh dari setiap siklus dan uji pretest dan posttest dalam penelitian eksperimenReferences
Arifin, Zainal. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Halidayani. 2018. Penerapan Model Pembeklajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kosakata Baku Dan Tidak Baku Di Kelas IV Mn 16 Aceh Besar. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3429/1/Halidayani.pdf
Heldaenni. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas II SD Negeri 025 Teluk Binjai Dumai Timur. Pajar. II(III) 405 https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3429/1/Halidayani.pdf
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Isjoni. 2012. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta
Komalasari, Kokom. 2015. Pembelajaran Kontekstual Konsep Dan Aplikasi. Bandung:PT Refika Aditama
Islamiati & Abidin. 2016. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap motivasi dan hasil belajar siswa VIII SMP. Media Pendidikan Matematika.IV(I)6 http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/eduma/article/view/1660
Nurmalawati. (2017) Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Make A Match. Global Eduksi.I(III)357 http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/16
Nurohma,dkk (2018) Penerapan Model Koopratif Tipe Make A Match Dengan Media Kartu AQ Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Smp. Pendidikan dan pembelajaran biologi.II(I)4 https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/5123/0
Rosalia Bunga,dkk.2019. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMPN Mautenda. Pendidikan Fisika.III(2)5. http://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/359
Shela Sri Pujiati, dkk. 2018. Keefektifan Model Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas II Semester 2 SD Negeri Ngeling 01 Jerapa. Jurnal Sekolah (JS). II(4)316 https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/js/issue/view/1359
Shoimin, Aries. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Sudirman & Maru. 2016. Implementasi model-model pembelajaran dalam buku penelitian tindakan kelas. Makassar: Badan Penerit universitas Negeri Makassar
Suardi, Moh. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Susanto,Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembeajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Groups
Try Wahyuni. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Menggunakan Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Flipchart Di Smp. Universitas Tanjungpura Pontianak https://core.ac.uk/download/pdf/289715078.pdf
Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasonal
Zed, Mestika. 2008. Metode Penelitiian Kepustakan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia
Zulkarnaini. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Make a Match untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Dinamika Rotasi Fisika pada SMA Negeri 1 Indrapuri Aceh Besar. Serambi Akademica VI(I)15 http://ojs.serambimekkah.ac.id/index.php/serambiakademika/article/view/614.
License
Copyright (c) 2023 maria a bulu, Melkianus Suluh, Oktavianus Deke

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Edukasi Sumba (JES), agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. This license allows authors to use all articles, data sets, graphics and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Edukasi Sumba (JES)
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).