Analisis Serapan Alumni Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Weetebula
Authors
Oktavianus Deke , Yohanes Umbu KalekaPublished:
2023-09-30Issue:
Vol. 7 No. 2 (2023)Articles Regular Issue
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya serap alumni Program Studi Pendidikan Fisika di dunia kerja. Jenis penelitian yang digunakan adalah survei dengan menggunakan pendekatan mix method. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan menyebarkan kuisioner atau angket Tracer Study dalam bentuk google form melalui nomor Whatsapp kepada alumni Program Studi Pendidikan Fisika angkatan I, II dan III yang lulus pada Weetebula STKIP tahun 2019 dan 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Alumni program studi pendidikan fisika STKIP Weetebula angkatan I, II dan III Lulusan tahun 2019 dan 2020 yang bekerja sesuai bidang studinya yaitu 44,70% atau 17 responden termasuk kategori sangat dekat, 11 responden atau 28,90% bekerja erat antara pekerjaan dengan bidang studi, 13,20% atau 5 responden mempunyai pekerjaan yang tidak sesuai dengan bidang studi, 5 responden belum mendapatkan pekerjaan. Alumni program studi pendidikan fisika STKIP Weetebula angkatan I, II dan III Lulusan alumni tahun 2019 dan 2020 yang mempunyai pekerjaan sesuai dengan bidang studinya 47,40% atau 18 responden, magang 18,40% (7 responden), staf 15,80% atau 6 responden, staf administrasi 7,90% (3 responden), dan 10,50% atau 4 responden. Alumni program studi pendidikan fisika STKIP Weetebula yang mendapatkan pekerjaan dengan masa tunggu rata-rata berkisar 1-3 bulan. Jadi, alumni program studi pendidikan fisika STKIP Weetebula angkatan I, II dan III Lulusan Tahun 2019 dan 2020 yang bekerja sebanyak 86,80% atau 33 responden, dan yang belum bekerja sebanyak 13,20% atau 5 responden.References
Hendrowati, T., & Istiani, A. (2018). Keteserapan Alumni Mahasiswa stkip Muhammadiyah Pringsewu Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Kelitbangan Pengembangan dan Inovasi Iptek Kabupaten Pringsewu, 3, 72.
Hidayat, R., & Ag, A. S. (2019). Ilmu Pendidikan "Konsep, Teori dan Aplikasinya". Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.
Harahap, M. (2020). Analisis Relevansi Lulusan Perguruan Tinggi Dengan Dunia Kerja. Skripsi. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatra Utara (UINSU).
Hasmila. (2017). Analisis Pemetaan Input Alumni dalam Pengembangan Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makasar Angkatan 2007. Makasar: Hasmila_opt.
Jalil, F. A., & Kasnelly, S. (2020). Meningkatnya Angka Pengangguran Di tengah Pandemi (COVID-19). Jurnal Ekonomi Syariah, 2, 45-60.
Kasman, A. A. (2021). Pemanfaatn Aplikasi Google Form Berbasis Online sebagai Alat Tes Tertulis Belajar Fisika pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 6, 1-9.
Lestari, N. M., & Yeni, F. (2021). Analisis Penilaian dan Tanggapan Alumni Perbankan Syariah Periode 2016-2018. Jurnal Ekonomi Islam, 12.
Musakirawati. (2017). Penelusuran Alumni (Tracer Studi) Angkatan 2014 Diploma 3 Prgram Srudi Keperawatan dan Perbaikan Mesin di Akademi Teknik Soroako. Prosiding Seminar Nasional, 04.
Nasional, D. P. (2012). Salinan Menteri Pendidikan Nasional Indonesia No 12 Tahun 2012. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Nuroso, H., Khoiri, N., Saptaningrum, E., & Siswanto, J. (2008). Studi Penelusuran Alumni Jurusan Pendidikan Fisika IKIP PGRI Semarang Untuk Menyempurnakan Kurikulum Berdasarkan Kebutuhan Di Lapangan (Pasar Kerja). Jurnal Media Penelitian Pendidikan, 2.
Rasiman, Cahyono, A. N., Sulianto, J., & Nurhadi. (2008). Penelusuran Lulusan Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Semarang Melalui Studi Pelacakan (Tracer Studi) Sebagai Umpan Balik Penyempurnaan KurikulumTahun 2008. Jurnal Media Penelitian Pendidikan, 2.
Syamsidar. (2017). Studi keteserapan Alumni Dalam Dunia Kerja pada Jurusan Pendidikan Fisika Angkatan 2008-2009 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makasar . Skripsi. Makasar: UIN AlAUDDIN MAKASAR.
Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Safitri, S., & Suyatno. (2017). Kata Serapan Bahaa Indonesia Dalam Kumpuan Cerpen Cyber Adventure dan Magic Cookis Terbitan Mizan Tahun 2017. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya.
Suminten, N., L, W. D., & AB, C. F. (2020). Tracer Study UHAMKA. Jakarta: UHAMKA.
Tajidan, Sutresna, Halil, & Syaputra, M. (2021). Studi Pelacakan (Tracer Studi) Alumni Dan Penggunaan Lulusan Fakultas Pertanian Universitas Mataram. Prosiding SAINTEK LPPM Universitas Mataram, 3, 423-452.
License
Copyright (c) 2023 Oktavianus Deke, Yohanes Umbu Kaleka

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Edukasi Sumba (JES), agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. This license allows authors to use all articles, data sets, graphics and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Edukasi Sumba (JES)
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).