Nilai Pendidikan Dalam Novel Kabola Karya Dony Kleden: Tinjauan Sosiologi Sastra
Abstract
The Objective of this research is to desribe the Education Values in novel Kabola by Dony Kleden: based on the Review of Literary Sociology. Kind of research that used in this research is qualitative descriptive. Data collection technique in this research is library study techniques. Data analysis technique in this research are: collecting, selecting, analysing, and delivering the result of the research. The results, known that there are education values that really benefits. Those education values are religion, social, aesthetic, tolerance, hard work, creative, independent, curiosity, honesty, love peace, friendship, responsibility which ic described based on the review of literary sociology. Keywords: Education Values, Review of Literary Sociology, Novel.References
Ahmadi, R. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.
Daryanto, & Suryatri, D. (2013). Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogya: Gaya Media..
Daryanto. (2013). Administrasi dan Manajemen Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djamal. (2015). Paradigma Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Elfindri. (2011). Soft Skills Untuk Pendidikan. Jakarta: Baduose Media.
Elvina, P.S.O. (2017). “Pembentukan Sikap Mandiri dan Tanggung Jawab melalui penerapan Metode Sosiodrama dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan”. Dalam Jurnal Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan.
Endraswara, S. (2013). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: CAPS.
Fardus. (2010). “Model Pendidika Nilai Sosial Budaya dalam Keluarga dan Lingkungan manusia Bajo di Bajoe. Dalam Jurnal Educationist.
Hamdu, G & Agustina L. (2011). “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar”. Dalam Jurnal Penelitian Pendidikan.
Hartini T. (2015). “Upaya Mengembangkan Kemandirian Emosi dan Sosial Siswa Melalui Layanan Konseling di Sekolah/Madrasah. Dalam Jurnal Saintifika Islami”.
Inten, D.N. (2017). “Penanaman Kejujuran Pada Anak dalam Keluarga”. Dalam Jurnal FamilyEdu.
Ismawati, E. (2013). Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Kleden, D. (2016). Kabola. Yogyakarta: Lintang Pustaka Utama.
Laila, A. (2016). “Gaya Bahasa Perbandingan dalam kumpulan Puisi Melihat Api Bekerja Karya M Aan Mansyur (Tinjauan Stilistika)”. Dalam Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia.
Masrun. (1986). Studi Mengenai Kemandirian Pada Penduduk di tiga suku, laporaran penelitian kantor mentri Negara dan lingkungan hidup. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.
Munandar, U. (2009). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Rhosalia, L. A. dkk. (2016). “Kemampuan Berpikir Kreatif”. Dalam Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian.
Ritonga, B. & Listiari E. (2006). “Kebermaknaan Hidup Mahasiswa Sekolah Tinggi Theologia Nazarene di Tinjau dari Tingkat Religiusitasnya” Dalam Jurnal Psikologi 4-5.
Rohman, S. (2012). Pengantar Metodologi Pengajaran Sastra. Yogyakarta: AR-RUZZ media.
Siswantoro. (2014). Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sumaryanto. (2010). Ensiklopedia Kesusastraan Indonesia. Semarang: Aneka Ilmu.
Supriyadi. (2016). “Community Of Practitioners: Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan Antar Pustakawan”. Dalam Ejournal.
William, R. (1994). The Non Designer Design Book, Design and Typographic Principles For The Visual Novice. Berkeley Peachpit Press.
Yusuf, M. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Penelitian gabungan. Padang: Kencana Prenadamedia.
Zuchdi, D. (2010). Humanisasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
didikan
Soewito. 1985. Sosiolinguistik. Surakarta: Henary Offset