PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT UNDANGAN TIDAK RESMI MELALUI PENGGUNAAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SISWA SDK MARSUDIRINI TAMBOLAKA

Penulis

  • Oskar Ngaba STKIP Weetebula
  • Delu Pingge STKIP Weetebula
  • Itto Bili STKIP Weetebula

Abstrak

Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan  keterampilan menulis undangan tidak resmi siswa di kelas VBSDK Marsudirini Tambolaka. Penelitianini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB yang berjumlah 27 orang yang terdiri atas laki-laki 13 orang dan perempuan 14 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumenyang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes menulisdangambardokumentasi.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif untuk data hasil tes dan observasi sedangkan analisis deskriptif kualitatif untuk hasil nontes berupa dokumentasi. Analisis observasi guru menunjukkan bahwa ada peningkatan dari siklus I dengan rata-rata 68,34%meningkatpadasiklus II dengan rata-rata 86,03%. Sedangkan, analisis observasi siswa terjadi pula peningkatan pada siklus II untuk aspek keaktifan dari 68,06% menjadi 85,19%, aspek keseriusan dari 63,43% menjadi 82,87% dan aspek keberanian dari 64,82% menjadi 83,80%. Analisis menunjukkan bahwa penggunaan metode Student Teams Achievement Division (STAD) meningkatkan keterampilan menulis surat undangan tidak resmi siswa di kelas VBSDK Marsudirini Tambolaka. Peningkatan tersebut diketahui berdasarkan nilai hasil tesketerampilan menulis siswa, persentase pada pratindakan 54,81%, meningkat pada siklus I menjadi 67,78%, dan pada siklus II meningkat menjadi 95,19%, yang artinya bahwa ketuntasan klasikal siswa telah tercapai.Dengan demikian, penggunaan metode STAD dapat meningkatkan keterampilan menulis surat undangan tidak resmi.Keywords: Keterampilan menulis, metode STAD, surat undangan tidak resmi.

Referensi

Amiruddin, Z. (2010). Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Teras.

Asrori. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Wacana Prima.

Bili, D. D. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Alam Dengan Penggunaan Model Quantum Di Kelas IV SDK Marsudirini. Kupang: Universitas Nusa Cendana.

Depdiknas.(2003). Sistem Pendidikan Nasional. PT. Bumi Aksara Jakarta.

Junaidi, A. (2014). Observasi Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Diakses pada tanggal 04/10/2018dari https://cintailmu76.wordpress.com/observasi-dalam-penelitian-tindakan-kelas.

Mulyati, Yeti.dkk. (2014) Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka

Nurgiyantoro, B. (2014) Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Quintana. (2015).Tes Tertulis. Diakses pada tanggal 04/10/2018darihttp://sidi-quintana. blogspot.com/2015/04/tes-tertulis.html.

Rahayu, S. (2017). Pengertian Studi Dokumentasi Serta Kelebihan Dan Kekurangannya.Diakses pada tanggal 04/10/2018dari http://seputarpengertian.blogspot.com/2017/09/pengertian-stud-dokumentasi-serta-kekurangan-Kelebihan.html.

Wardhani danIgak, Wihardit. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-06-11

Terbitan

Bagian

Articles