MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) 5E MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA DI SDK WEETOBULA

Penulis

  • Yunita Bili STKIP Weetebula
  • Ferdinandus Bele Sole STKIP Weetebula
  • Mikael Sene STKIP Weetebula

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi bumi dan alam semesta dengan menggunakan model siklus belajar (learning cycle) 5E di kelas III D di SDK Weetobula. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dua siklus dengan subyek penelitian sebanyak 28 siswa. Dalam penelitian tindakan kelas terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian berupa hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa diperoleh melalui tes pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model siklus belajar 5E pada materi bumi dan alam semesta dikelas III SDK Weetobula. Bukti adanya peningkatan hasil belajar siswa ditunjukan dari ketuntasan belajar klasikal pada siklus I mencapai 73%, dan meningkat menjadi 92,59% pada siklus II.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa  penerapan model siklus belajar 5E dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bumi dan alam semesta dikelas III SDK Weetobula Keywords: Hasil Belajar Siswa, Model Siklus Belajar 5E

Referensi

Agustyningrum, Nina. (2011). Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikas Matematis Siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Sleman. Online. Tersedia di: http://epri-nts.uny.ac.id/7389/I/p-34.pdf.

Aqib,Zainal. (2011). Penelitian Tindakan Kelas Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya

Mulyasa, E.(2009). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sanjaya,W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Suparno, P.(1997). Filsafat Konstruktivesme dalam pendidikan. Kanisius: Jakarta.

Trianto.(2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-06-12

Terbitan

Bagian

Articles