PENGARUH PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI MENENTUKAN NILAI OPTIMUM DENGAN MENGGUNAKAN METODE UJI TITIK POJOK KELAS XI IPA SMA SEMINARI SINAR BUANA

Sriyani Rambu Retang, Samuel Rex Making, Geterudis Kerans

Abstract


Hasil belajar matematika siswa pada kenyataannya masih mengalami masalah, rendahnya hasil belajar siswa menjadi tantangan tersendiri bagi guru untuk terus melakukan perubahan dalam pembelajaran. Sehingga peneliti melakukan penelitian untuk melihat pengaruh pendekatan resource based learning terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi menentukan nilai optimum dengan metode uji titik pojok. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan metode pre-experimental dan menggunakan desain one group pretest-posttest desaign dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPA SMA Seminari Sinar Buana. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yang dianalisis menggunakan program SPSS 16.00. Berdasarkan hasil analisis deskiptif diperoleh rata-rata hasil belajar pre-test siswa = 45,29 dan rata-rata hasil belajar post-test = 84,29 dengan rata-rata selisih (gain) pre-test dan post-test = 38. Selanjutnya data hasil belajar (pre-test dan post-test) dilakuan uji normalitas sebagai uji prasyarat dan dari analisis data menunjukan bahwa data-data tesebut berdistribusi normal. Berdasarkan analisis data uji-t pada taraf signifikan 0,05, diperoleh (9,446) lebih besar dari (1,943) maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan resource based learning terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi menentukan nilai optimum dengan metode uji titik pojok kelas XI IPA SMA Seminari Sinar Buana.

Full Text:

PDF

References


Ariawaty, Evita. 2018. Metode Kuantitatif Praktis. Bandung : PT. Bima Pratama Sejahtera. Cetakan pertama

Arikunto, S. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Masitoh, dkk. 2009. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama RI.

Suryobroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Neviyani, Mucharom. 2018. Analisis Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Tingkat Pendidikan Anak di Kabupaten Jember. Jurnal Nusantara. Vol.3. No.1

Rochmad. 2008. Proses Berpikir Induktif dan Deduktif dalam Mempelajari Matematika

Setiawan & Rusdiansyah. 2016. Peranan Bauran Harga Terhadap Peningkatan Penjualan Alat Kesehatan. Jurnal Pilar Nusa Mandiri. Vol. XII. No. 2.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Teindeks Pada:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Flag Counter