PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL

Maria Thresia Wunda Deke, Samuel Rex Making, Dekriati Ate

Abstract


Berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa untuk dapat menyelesaikan berbagai macam permasalahan, baik permasalahan matematis maupun permasalahan yang terkait dalam kehidupan. Berpikir kritis merupakan hal yang harus dikembangkan dalam pembelajaran khususnya pembelajaran matematika. Namun berdasarkan hasil pengamatan peneliti kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa disebabkan oleh model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran konvensional. Salah satu model pembelajaran yang diduga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah model pembelajaran reciprocal teaching. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas XMIA SMA St. Alfonsus Weetebula pada materi sistem persamaan linear tiga variabel tahun ajaran 2019/2020. Rancangan penelitian bersifat quasi eksperimen dengan desain Non-Equivalent control group. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purpose sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA St. Alfonsus Weetebula sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XMIA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XMIA2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknis non tes dan teknik tes, hasil dari teknik tes ini akan dianalisis menggunakan aplikasi SPSS 16.0. Hasil penelitian uji hipotesis menunjukan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,003 lebih kecil dari nilai 0,05 (0,003 lebih kecil dari 0,05), kemudian pada nilai t diketahui  (3,068 lebih besar dari 1,999) sehingga dapat disimpulkan bahwa model reciprocal teaching berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Kata kunci: kemampuan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Reciprocal Teaching


Full Text:

PDF

References


Awaliah R & Idris. (2015). Pengaruh Penggunaan Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTSN Balang-Balang Kecamatan Bontonarannu Kabupaten Gowa. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3(1), 59-72.

Liberna, H. (2012). Peningkatan Kemamouan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Penggunaan Medote Improve Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Formatif, 2(3), 190-197.

Rohaeti, E. E. & Sumarno U. (2019). Pembelajaran Inovatif Matematika Bernuansa Pendidikan Nilai dan Karakter Cet-1. Bandung: PT Refika Aditama.

Siagian, M. D. (2017). Pembelajaran Matematika Dalam Persfektif Konstruktivisme. Jurnal Pendidikan Islam dan Teknologi Pendidikan, 7(2), 61-73.

Santrock, J. W. (2003). Adolescense Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D cet-17. Bandung: Alfa beta.

Tristiyanti T. & Afriansyah K. E. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Diskursus Multi Representasi dan Reciprocal Learning. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 1(2), 4-14.

Winarsunu. (2004). Statistik dalam Penelitian Psikologi, Malang: UMM Press.

Yusuf, M. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian Gabungan. Padang:PT kencana prenamedia group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Teindeks Pada:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Flag Counter