PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING AND EXTENDING) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI PERTIDAKSAMAN LINEAR DUA VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MIA SMAK ST. DOMINIKUS TAMBOLAKA

Apridayati Bulu, Samuel Rex Making, Geterudis Kerans

Abstract


Banyak peserta didik cepat bosan saat mengikuti pembelajaran  matematika, tidak tertib, dan kurang aktif sehingga menyebabkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika rendah. Hal yang menyebabkan masalah tersebut adalah proses pembelajaran yang ditetapkan konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Penerapan Model Pembelajaran Connecting Organizing reflecting extending (CORE)  dengan pendekatan kontekstual pada materi pertidaksaman linear dua variabel untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMAK St. Dominikus Tambolaka”. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimen dengan metode pre-eksperimental design. dan menggunakan desain one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknis tes yang dianalisis menggunakan program SPSS 20.00. Hasil penelitian  diketahui  thitung sebesar 30,323 dan ttabel sebesar 2,16 hal ini menunjukan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (30,323  lebih besar dari 2,16) pada taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan  13. Karena  thitung lebih besar dari ttabel  sehingga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari model pembelajaran CORE dengan Pendekatan Kontekstual terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMAK St. Dominikus Tambolaka 2019/2020

Full Text:

PDF

References


Fitrianingsih. (2015). Efektivitas penggunaan media vidio pada pembelajaran pembuatan strapless siswa kelas XII SMK negeri I jambu. Jurnal pendidikan kesejahteraan Keluarga. Unifesutas negeri semarang, ISSN 2252-6803.

Hariyanto. (2016). penerapan model core dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa. Jurnal Gammath, Volume I Nomor 2

Rahmawati. 2017. Implementasi Teams Games Tournaments dan Number Head Together ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 8, No. 2, 2017, Hal 121 - 134

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Alfabeta, cv.

Undang-undang Dasar Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Teindeks Pada:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Flag Counter